Beranda Gaya Hidup 5 Tips agar Berenergi Sepanjang Hari Setelah Kurang Tidur

5 Tips agar Berenergi Sepanjang Hari Setelah Kurang Tidur

1630

KUBUS.ID — Kurang tidur bisa merusak hari Anda. Agar tidak sampai rusak, ada beberapa cara untuk bisa bertahan sembari memulihkan kondisi tubuh.

Jam tidur kerap tidak bisa diprediksi. Ada beberapa alasan tidur sulit untuk tercukupi seperti pekerjaan, stres, atau distraksi yang mengganggu tidur.

Orang mencoba untuk menggantikan jam tidur yang hilang. Namun, tak ada cara untuk menebusnya dalam waktu singkat.

“Pemulihan dari kurang tidur di malam ini tidak akan terjadi di malam berikutnya. Dibutuhkan beberapa malam sebelum Anda benar-benar pulih,” kata David Gozal, ahli paru anak, mengutip dari Everyday Health.

Cara berenergi sepanjang hari

Ada beberapa cara agar Anda bisa tetap terjaga dan bisa bekerja serta beraktivitas sepanjang hari meski kurang tidur.

1. Minum kopi

Kafein dapat membantu saat Anda perlu tambahan energi. Maksimal, dua cangkir kopi bisa membantu Anda tetap terjaga. Lebih dari itu, mungkin tidak memberikan manfaat yang diinginkan.

Ketika kurang tidur, hormon tidur menumpuk di otak sepanjang hari dan minum kafein berlebihan tidak akan menghentikan proses itu. Terlalu banyak kafein juga dapat membuat Anda gelisah.

2. Hindari gula tambahan

Gula memang memberikan energi dengan cepat, tapi tidak bertahan lama. Sebaiknya, tetap pertahankan pola makan seimbang dan berikan porsi ekstra untuk pangan kaya protein.

Kemudian, hindari karbohidrat sederhana seperti roti putih dan pasta untuk makan siang agar terhindar dari penurunan energi.

3. Power nap

Hindari tidur siang meski Anda merasa sangat mengantuk. Saat merasa tidak bertenaga dan susah konsentrasi, sebaiknya tidur sebentar atau power nap.

Power nap mampu mengisi ulang sedikit energi. Power nap tidak sampai membuat Anda tidur cukup lama dan nyenyak agar tidur malam tidak terganggu.

Power nap cukup dilakukan selama 20 menit. Jangan lupa pasang alarm agar tidak kebablasan.

4. Ambil jeda

Setelah kurang tidur di malam hari, Anda tidak perlu memforsir diri. Selingi kegiatan dengan jeda istirahat.

Menukil dari WebMD, jeda ini bisa diisi dengan power nap atau jalan kaki. Jalan kaki membawa tubuh bergerak dan menstimulasi kewaspadaan di otak.

Jalan kaki di bawah paparan sinar matahari juga akan merangsang jam biologis tubuh bahwa waktunya untuk terjaga.

5. Kembali tidur di jam normal

Pasti ada godaan untuk tidur lebih lama karena malam sebelumnya kurang. Namun, justru sebaiknya Anda kembali ke jam dan lama tidur normal.

Tidur lebih lama atau tidur lebih awal dari biasanya malah bisa mengganggu pola tidur Anda.

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini