Beranda Kediri Raya Sejumlah Masyarakat Ajukan Adopsi Anak, Begini Penjelasan Dinas Sosial Kota Kediri

Sejumlah Masyarakat Ajukan Adopsi Anak, Begini Penjelasan Dinas Sosial Kota Kediri

2569

KUBUS.ID – Adanya kasus penemuan bayi di area Perumahan Mojoroto Indah Kota Kediri, membuat sejumlah masyarakat Kediri ingin mengajukan adopsi. Bahkan Rabu kemarin, sudah ada 3 kepala keluarga yang mendatangi Dinas Sosial Kota Kediri untuk mengajukan adopsi.

Kata Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Paulus Luhur Budi Prasetya, S.Sos., M.Si., bayi tersebut saat ini masih dirawat di RSUD Gambiran Kota Kediri. Kondisinya makin membaik. Diakui Paulus, memang ada 3 calon orang tua asuh (COTA) yang mengajukan akan mengadopsi anak tersebut. Dalam hal ini, dia menjelaskan untuk prosedur adopsi, masih menunggu proses permasalahan hukum yang ditangani Polres Kediri Kota. Jika sudah selesai, maka akan diserahkan ke Dinsos Kota Kediri. Selanjutnya dirujuk ke Dinas Sosial UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita di Sidoarjo yang merupakan tempat penampungan bayi terlantar.

Mengadopsi anak juga harus memenuhi sejumlah persyaratan diantaranya sehat jasmani, tidak mempunyai anak atau hanya memiliki 1 anak dst. Jika persyaratan terpenuhi, maka akan dilakukan home visit dimana ada beberapa indikator assessement untuk menilai. Jika semua lolos, maka akan diajukan ke Dinsos Provinsi Jatim. Sejak home visit pertama dan dinilai sudah layak, maka bayi bisa dibawa COTA, namun masih dalam pengawasan dan pemantauan Dinsos selama 6 bulan.(stm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini