Beranda Gaya Hidup Awas, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Rusak Pendengaran Kamu

Awas, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Rusak Pendengaran Kamu

0

KUBUS.ID — Ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak telinga. Kebiasaan ini tanpa Anda sadari sering dilakukan sehari-hari.

Telinga adalah salah satu organ tubuh yang cukup penting bagi manusia. Tanpa telinga yang sehat, Anda tidak bisa mendengar berbagai suara.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya kesehatan pendengaran jadi prioritas yang tak boleh diabaikan.

Kebiasaan merusak telinga

Beberapa hal diketahui dapat mengurangi atau merusak kemampuan telinga untuk mendengar.

Salah satunya adalah faktor usia. Semakin usia bertambah, semakin tinggi risiko penurunan pendengaran.

Selain usia, ada juga beberapa kebiasaan merusak telinga yang turut berkontribusi. Berikut di antaranya.

1. Merokok

Merokok jadi biang keladi dari hampir semua masalah kesehatan. Tak terkecuali masalah pendengaran Anda.

Mengutip berbagai sumber, merokok berdampak pada sirkulasi darah dan kemampuan mendengar seiring bertambahnya usia.

American Lung Association mengatakan, satu batang rokok bisa membuat seseorang terpapar lebih dari 7 ribu bahan kimia. Semua ini bisa merusak sel-sel di tubuh, termasuk sel yang ada di bagian dalam telinga.

2. Tidak merawat gigi dan mulut dengan benar

Gusi dan gigi yang tidak sehat bisa mengganggu kesehatan tubuh, termasuk pendengaran. Bakteri dari mulut bisa masuk ke aliran darah, menyebabkan peradangan dan penyempitan arteri.

Semua hal ini bisa mengakibatkan sirkulasi darah memburuk. Aliran darah yang tidak lancar bisa menyebabkan masalah jantung yang berbahaya untuk pendengaran.

3. Berlebihan pakai earphone

Kebiasaan menggunakan earphone dan headphone ternyata bisa berbahaya. Kebiasaan ini dapat membuat telinga terpapar suara keras yang bisa merusak pendengaran.

Paparan suara keras secara terus-menerus bisa merusak sel-sel di telinga bagian dalam. Padahal, sel-sel ini bertugas untuk mengubah gelombang suara menjadi impuls listrik yang ditafsirkan otak sebagai suara.

4. Membiarkan telinga basah

Membiarkan telinga basah ternyata bisa membuat pendengaran terganggu. Pasalnya, bagian tengah telinga memiliki rongga berisi udara. Telinga yang basah bisa merusak sistem telinga tengah dan menyebabkan bakteri berkembang biak.

Mengutip berbagai sumber, telinga yang basah juga bisa menyebabkan infeksi pada saluran telinga.

Penting untuk selalu mengeringkan telinga ketika habis mandi, berenang, atau kegiatan lain yang berkaitan dengan air.

5. Paparan suara keras

Gangguan pendengaran akibat suara bising paling sering dialami remaja dan dewasa muda. Pasalnya, remaja dan kaum dewasa muda umumnya memiliki kegiatan yang berkaitan dengan suara bising dan kencang.

Misalnya, mendengarkan musik dengan kencang hingga sering mendatangi tempat hiburan malam. Semua hal ini menciptakan suara yang bising dan keras. Jika terus dilakukan, kebiasaan ini bisa mengurangi kemampuan telinga untuk mendengar.

6. Terlalu banyak makan

Terlalu banyak makan, apalagi jika dilengkapi dengan pilihan asupan yang tidak sehat, bisa berpengaruh buruk terhadap telinga.

Mengutip berbagai sumber, hal ini terjadi karena saat darah yang dialirkan ke seluruh tubuh berkurang akibat penumpukan lemak, sel-sel di telinga dan otak juga ikut menderita.

Sebuah studi pada 2013 lalu menemukan bahwa mereka yang mengalami obesitas 17 persen lebih mungkin mengalami gangguan pendengaran. Oleh karena itu, pilih makanan bergizi dan jangan terlalu berlebihan.

7. Kurang bergerak

Banyak diam di rumah, tidak bergerak, tidak berolahraga, dan hanya malas-malasan bisa menyebabkan obesitas. Kasusnya mirip dengan terlalu banyak makan.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk tetap bergerak dan beraktivitas fisik agar senantiasa sehat dan kuat.

Itulah tujuh kebiasaan yang bisa merusak telinga. Hindari kebiasaan di atas agar telinga Anda tetap sehat.

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini