Beranda Gaya Hidup Tanda Paru-paru Kotor, Waspada Jika Bunyi Napas Begini

Tanda Paru-paru Kotor, Waspada Jika Bunyi Napas Begini

1374

KUBUS.ID — Organ tubuh bisa saja kotor, termasuk di antaranya paru-paru. Seperti apa tanda paru-paru yang kotor?

Paru-paru merupakan organ pernapasan yang punya peran penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Tanpa paru-paru yang baik, pernapasan akan terganggu.

Paru-paru bisa kotor lantaran masuknya berbagai polutan. Sebut saja asap rokok, asap kendaraan bermotor, bahan kimia, dan masih banyak lagi.

Dokter spesialis pulmonologi Mayapada Hospital Naindra Kemala Dewi mengatakan bahwa paru-paru kotor merupakan istilah awam yang merujuk pada munculnya bercak-bercak putih pada organ tersebut. Secara medis, bercak-bercak putih itu dikenal dengan sebutan infiltrat.

“Infiltrat yang ada di dalam paru-paru kita. Itu paru-paru kotor,” ujar Naidra, mengutip detikHealth.

Seseorang yang memiliki paru-paru kotor harus menjalani ragam pemeriksaan seperti rontgen atau foto thorax. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi keberadaan infiltrat pada paru-paru.

Tanda paru-paru kotor

Namun demikian, masyarakat bisa mendeteksi adanya masalah pada paru-paru sejak awal. Naindra mengatakan salah satunya bisa diketahui dari suara napas.

“Kalau memang bunyi napasnya kayak banyak slap atau bunyi napasnya kayak ngik-ngik gitu, kayak ada yang tersumbat,” ujar Naindra.

Jika Anda mengalami suara napas yang sama seperti di atas, Naindra menyarankan untuk melakukan pemeriksaan rontgen atau foto thorax. Dari sana, akan diketahui ada atau tidaknya bercak-bercak putih.

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini