Beranda Kediri Raya OJK Kediri Catat 1.081 Permintaan Layanan Konsumen, Fokus pada Perlindungan dan Literasi...

OJK Kediri Catat 1.081 Permintaan Layanan Konsumen, Fokus pada Perlindungan dan Literasi Keuangan

2139

KUBUS.ID – Dalam upaya melindungi konsumen, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kediri menyediakan Layanan Konsumen untuk menerima dan memberikan informasi, konsultasi, serta pengaduan terkait sektor jasa keuangan. Hingga September 2024, OJK Kediri mencatat 1.081 permintaan layanan konsumen, yang terdiri dari 590 surat pengaduan, 413 permintaan konsultasi melalui walk-in, dan 78 melalui telepon.

Kepala OJK Kediri, Ismirani Saputri, mengungkapkan bahwa tiga topik pengaduan utama adalah restrukturisasi kredit (268 pengaduan), data SLIK (221 pengaduan), dan pengalihan kredit (133 pengaduan). Sebagian besar pengaduan berasal dari sektor perbankan (63%) dan perusahaan pembiayaan (19,33%).

“Selain itu, OJK Kediri telah menerima dan menyelesaikan 6.534 permintaan SLIK hingga September 2024,” jelas Ismirani dalam siaran pers bulanan Sektor Jasa Keuangan, Sabtu (12/10).

Untuk meningkatkan literasi keuangan, OJK Kediri telah melaksanakan berbagai kegiatan selama bulan September di wilayah kerja eks Karesidenan Kediri dan Madiun. Di antaranya, acara “Gencarkan: Masyarakat Cerdas Keuangan” pada 10 September di Aston Madiun, yang dihadiri oleh 60 ASN dan pelaku perbankan. Selain itu, edukasi keuangan untuk UMKM di Blitar diikuti oleh 500 pelaku usaha, dan talkshow tentang kewaspadaan investasi bodong di Radio Andika pada 3 September.

Selain itu OJK Kediri bersama Pemerintah Kota Kediri dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Kediri-Madiun yang tergabung dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Kediri berkolaborasi mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat melalui berbagai kegiatan edukasi dan sosialisasi, salah satunya melalui kegiatan Kediri Financial Festival (FinFest) Tahun 2024 pada 21-22 September 2024 di Balai Kota Kediri dan sepanjang jalan Basuki Rachmad Kota Kediri dengan tema: Akses Keuangan Inklusif, Wujudkan Masyarakat Produktif.

“Kegiatan tersebut merupakan wujud langkah konkret kami dalam menggeliatkan perekonomian Kota Kediri,” ujar Ismirani. Dia menambahkan, OJK Kediri terus berkomitmen untuk mendukung masyarakat dalam memahami dan mengakses layanan keuangan secara lebih baik.(adr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini