Beranda Gaya Hidup 7 Buah yang Bagus untuk Diet, Bisa Jadi Camilan Enak dan Sehat

7 Buah yang Bagus untuk Diet, Bisa Jadi Camilan Enak dan Sehat

3439

KUBUS.ID — Ada banyak buah yang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Buah-buahan ini bisa dimakan langsung sebagai camilan atau diolah menjadi jus.

Saat menjalani diet, Anda perlu memastikan nutrisi tetap terpenuhi. Selain protein dan sayur, konsumsi buah-buahan juga penting untuk membantu upaya menurunkan berat badan.

Buah merupakan jenis makanan kaya serat namun rendah kalori, sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar atau nafsu makan.

Selain itu, buah juga sumber sumber vitamin dan antioksidan yang bermanfaat salah satunya untuk menjaga kesehatan kulit.

Ingin tahu buah apa saja yang bagus untuk diet? Simak daftarnya berikut ini merangkum dari berbagai sumber.

1. Alpukat

Buah ini terkenal sebagai sumber karbohidrat kompleks dan lemak yang baik, sehingga cocok dikonsumsi saat diet.

Melansir Healthline, alpukat mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan rasa kenyang.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa konsumsi alpukat membuat orang dengan kelebihan berat badan tak lagi merasa lapar setelah enam jam konsumsi.

Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif.

2. Pisang

Banyak orang menghindari pisang karena kandungan karbohidratnya. Padahal, itu adalah anggapan yang salah.

Sebagian karbohidrat dalam pisang berupa serat pektin dan pati resisten. Selain dapat membantu mengatur kadar gula darah, keduanya juga dapat berfungsi seperti serat dengan memperlambat pencernaan sehingga membuat rasa kenyang bertahan lama.

3. Apel

Apel adalah salah satu buah terbaik untuk diet. Mengutip Everyday Health, buah satu ini tinggi serat tapi rendah kalori.

Hal ini membuat apel jadi pilihan bijak bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Makanan dengan serat tinggi dapat membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa lebih kenyang dalam waktu lama.

Untuk rasa kenyang yang maksimal, jangan kupas kulit apel saat memakannya.

4. Nanas

Nanas memiliki kandungan air yang tinggi. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa hidrasi yang baik dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Kiwi

Kiwi adalah buah yang sangat padat nutrisi. Buah dengan daging berwarna hijau juga merupakan sumber serat yang kaya.

Sebuah penelitian menemukan, konsumsi dua kiwi per hari selama 12 minggu dapat membantu mengurangi ukuran lingkar pinggang hingga 3,1 sentimeter.

6. Plum

Plum merupakan salah satu buah dengan indeks glikemik (GI) yang rendah. Buah dengan kalori dan GI yang rendah dikenal dapat membantu seseorang dalam menurunkan berat badan.

7. Buah beri

Buah ini terkenal sebagai buah yang dapat membangkitkan tenaga tapi rendah kalori.

Bahkan, studi menunjukkan makan camilan beri akan membuat seseorang makan lebih sedikit pada sesi makan berikutnya daripada yang ngemil permen.

Tak hanya rendah kalori, buah beri juga dapat menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan peradangan. Anda dapat menambahkan buah beri dalam salad maupun campuran yoghurt.

Itulah 7 buah yang bagus untuk diet. Jangan lupa untuk selalu mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga.

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini