Beranda Gaya Hidup Ini Cara Gampang Cek Kualitas Stok Makanan di Freezer

Ini Cara Gampang Cek Kualitas Stok Makanan di Freezer

1876

KUBUS.ID — Makanan yang disimpan di freezer belum tentu selalu aman. Seorang wanita pun membagikan tips unik untuk mengecek apakah makanan di freezer masih aman atau tidak untuk dikonsumsi.

Freezer memang menjadi tempat penyimpanan makanan yang tepat, jika ingin membuat makanan bertahan lebih lama. Namun, penyimpanan makanan di freezer tidak selalu membuat kualitas makanan terjaga.

Mencairkan dan membekukan kembali makanan dari freezer dapat menimbulkan risiko kesehatan dan membuat kualitasnya menurun. Sebab, ada potensi pertumbuhan bakteri pada makanan yang dicairkan.

Setiap siklus pencairan makanan atau thawing dapat menyebabkan peningkatan jumlah bakteri, terutama jika makanan memasuki zona bahaya, pada suhu antara 4,4 derajat C sampai 60 derajat C, lapor mirror.co.uk (29/07/2024).

Hal tersebut dapat mengakibatkan munculnya bakteri berbahaya, yang menyebabkan penyakit bawaan saat dikonsumsi setelah makanan dibekukan kembali.

Masalah-masalah seperti ini bisa muncul akibat sejumlah faktor. Mungkin saja karena pintu freezer tidak ditutup dengan benar, atau saat listrik padam, yang mungkin tidak begitu disadari banyak orang.

Oleh karena itu, seorang wanita berbagi tips cerdas untuk memastikan makanan yang disimpan dalam freezer tetap aman dikonsumsi.

Wanita bernama Daivi, yang terkenal sebagai sosok desainer perhiasan di Kaju Studios itu membagikan cara unik yang biasa ia lakukan untuk mengecek keamanan makanan beku.

Dalam salah satu unggahan video di TikTok @daivifromkajustudios, wanita ini menunjukkan triknya yang diawali dengan memperlihatkan sebuah gelas berisi air beku dan sebuah koin di atasnya.

Meskipun trik ini terlihat aneh, tetapi ia mengklaim metode tersebut efektif untuk memastikan keamanan makanan beku nya.

Daivi mengungkap, “Orang-orang datang ke apartemen saya dan mereka benar-benar bingung tentang hal ini. Itu adalah gelas kecil berisi air beku dan seperempatnya diisi dengan koin dolar.”

Untuk meluruskan pemahaman banyak orang, ia menjelaskan tujuan segelas air beku dengan koin itu. Daivi memberi contoh kasus ketika terjadi pemadaman listrik.

Menurut penjelasannya, membekukan air dalam gelas atau mangkuk apapun, dan menaruh koin di atasnya dapat memeriksa apakah isi dari freezer pernah mencair dan membekukan makanan lagi.

Ia melanjutkan, ketika ada satu bagian makanan jatuh ke dalam air dan membeku lagi, tandanya suhu freezer cukup hangat untuk mencairkan semua makanan. Berarti makanan tersebut justru tidak aman untuk dimakan.

Kolom komentar pada unggahannya pun dibanjiri komentar beragam dari netizen. Tidak sedikit netizen tercengang dengan trik tersebut.

Seorang netizen menganggap trik ini benar-benar jenius dan menganggap Daivi adalah seorang profesional.

Netizen lain menambahkan, “Ya. Saya sudah melakukan ini selama bertahun-tahun. Es batu dalam wadah juga bisa. Jika es batu mencair dan hancur menjadi satu, masukkan semuanya.”

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini