Beranda Gaya Hidup Apa yang Terjadi pada Tubuh saat Berhenti Merokok?

Apa yang Terjadi pada Tubuh saat Berhenti Merokok?

155

KUBUS.ID — Meski sulit dijalani, menghentikan kebiasaan merokok punya manfaat luar biasa untuk tubuh. Memang apa yang terjadi pada tubuh jika berhenti merokok?

Berhenti merokok tentu bukan hal yang mudah. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Selama orang tersebut punya niat dan keinginan yang tinggi, berhenti merokok tentu bukan angan-angan saja.

Merokok dalam jangka waktu yang lama bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kronis, mulai dari jantung, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), hingga kanker.

Selain itu, sebuah studi pada 2021 menunjukkan hubungan antara merokok dengan kecemasan dan depresi. Saat Anda berhenti merokok, tubuh Anda mulai pulih, dan manfaat kesehatan langsung terasa.

Keputusan berhenti merokok juga jadi sangat menantang jika seseorang sudah kecanduan nikotin dalam rokok. Kandungan zat ini menyebabkan seseorang jadi cepat marah, sedih, hingga insomnia.

Jika Anda berencana untuk berhenti merokok, simak penjelasan mengenai apa yang terjadi pada tubuh seseorang saat menghentikannya akan sangat membantu.

Yang terjadi pada tubuh jika berhenti merokok

Berikut ini sejumlah perubahan yang akan terjadi pada tubuh secara bertahap jika Anda mulai berhenti merokok.

Dalam waktu satu jam

Melansir WebMD, di jam pertama saat Anda mulai berhenti merokok denyut dan tekanan darah mulai turun dan kembali normal. Pada tahap ini tangan dan kaki juga akan menghangat dan masuk ke suhu normal.

Delapan jam setelah berhenti merokok

Pada titik ini, jumlah nikotin dan karbon monoksida dalam darah mulai berkurang hampir setengahnya. Biasanya ditandai dengan pernapasan yang mulai terasa nyaman.

Satu hari setelah berhenti merokok

Setelah satu hari, tekanan darah mulai turun. Risiko terkena penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi yang dipicu oleh kebiasaan merokok pun berkurang.

Mengutip Medical News Today, pada titik ini, kadar oksigen meningkat, aktivitas olahraga pun lebih mudah dilakukan.

Tiga hari setelah berhenti merokok

Pada titik ini, cara Anda bernapas akan berubah dan terasa lebih nyaman. Hal ini karena tabung bronkial di dalam paru-paru mulai rileks dan terbuka lebar.

Tiga bulan setelah berhenti merokok

Paru-paru akan lebih kuat dan jernih, aliran darah pun membaik. Saat berolahraga akan terasa lebih nyaman. Dan hal yang paling utama adalah kesuksesan Anda untuk konsisten berhenti merokok pun hampir berhasil.

Itulah jawaban atas pertanyaan apa yang terjadi pada tubuh jika berhenti merokok. Tentunya Anda akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini