Beranda Gaya Hidup 5 Cara Membuat Rambut Lebih Tebal

5 Cara Membuat Rambut Lebih Tebal

130

KUBUS.ID — Rambut tipis, halus, dan lepek memang sering kali mengganggu rasa percaya diri. Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut tipis, mulai dari genetik sejak lahir, rontok karena stres, perubahan hormon, atau kondisi kesehatan tertentu.

Terkait adanya masalah kesehatan tertentu atau tidak, kamu perlu berkonsultasi pada dokter untuk menemukannya.

Namun di luar masalah kesehatan, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambut lebih tebal.

Cara Membuat Rabut Lebih Tebal

1. Konsisten Mengoleskan Minyak

Beberapa minyak, seperti minyak kemiri, minyak kelapa, atau minyak aras bisa membantu menumbuhkan rambut.

Oleskan secukupnya pada kulit kepala dan pijatlah perlahan. Hal ini akan meningkatkan aliran darah ke folikel dan membuat rambut lebih tebal dari akarnya. Sebaiknya, diamkan minyak tersebut selama sekitar 3-5 jam sebelum keramas.

2. Kurangi Penataan Rambut dengan Suhu Panas

Sudah menjadi rahasia umum, semakin sering mengekspos rambut dan kulit kepala pada suhu panas, seperti catokan rambut atau pengering rambut akan membuat rambut semakin rapuh dan patah. Bahkan, dapat merusak waktu dalam jangka panjang.

Sebagai alternatif, setelah mencuci rambut coba gunakan kaus katun bekas atau handuk mikrofiber untuk menyerap kelebihan air dan biarkan rambut kering secara alami.

3. Menyisir Rambut dengan Hati-hati

Menyisir rambut tampaknya sepele, karena semua orang bisa melakukannya. Namun, penting untuk menyisir rambut dengan benar dan tidak agresif. Jangan menarik rambut dengan sisir secara berulang-ulang. Karena akan menyebabkan kerusakan.

Yang harus dilakukan adalah menggunakan sisir bergigi jarang untuk mengatasi simpul-simpul rambut. Sisir ini cukup lembut, dan merapikan rambut dengan meminimalisir kerontokan.

Mulailah menyisir dari ujung rambut dan kemudian naik ke atas menuju akar rambut. Namun, jika kamu memiliki rambut keriting, yang terbaik sebenarnya adalah menggunakan jari-jari tangan untuk mengurai rambut.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi nutrisi dan makanan tertentu secara teratur juga bisa membantu membuat rambut tumbuh lebih tebal. Kamu bisa mengonsumsi makanan sumber protein tanpa lemak, asam lemak omega-3, vitamin yang larut dalam lemak, vitamin B-kompleks dan zat besi.

Beberapa sumber makanan terbaik untuk mendukung pertumbuhan rambut, di antaranya salmon, telur, kacang tanah, bayam, dan alpukat.

5. Perhatikan Pemakaian Shampo

Ada tiga hal yang perlu diingat ketika berbicara tentang sampo. Frekuensi, kualitas, dan bahan-bahannya. Keramas terlalu sering atau pun terlalu jarang dapat menurunkan kualitas rambut, termasuk membuat rambut menjadi kering.

Amannya, kamu bisa keramas setiap dua hari sekali. Kemudian, pastikan memilih sampo yang mencantumkan kata-kata seperti ‘bebas sulfat’ dan ‘bebas paraben’ dalam sampo.

Meskipun keduanya adalah surfaktan, keduanya dapat membuat rambut kering dan menyebabkan kerusakan. Terakhir, penting juga untuk memastikan sampo kamu mengandung bahan-bahan yang membantu pertumbuhan dan yang membuat rambut mengembang tampak lebih tebal.

Sumber : kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini