Beranda Gaya Hidup Berapa Banyak Kandungan Gula Dalam Madu?

Berapa Banyak Kandungan Gula Dalam Madu?

1062

KUBUS.ID — Madu adalah salah satu makanan yang dianggap sehat karena rasa manis alaminya. Madu juga mengandung berbagai nutrisi yang bagus untuk kesehatan.

Tidak jarang orang menggunakan madu sebagai pemanis pengganti gula karena dianggap jauh lebih sehat.

Madu berasal dari lebah madu. Mereka mengumpulkan serbuk sari dan nektar dari tanaman berbunga, kemudian diproses menjadi cairan kuning keemasan dan kental yang disebut madu.

Madu memiliki rasa manis yang disukai banyak orang. Lantas, berapa banyak kandungan gula dalam madu?

Melansir Food Insight, madu merupakan gula yang terbentuk secara alami dan juga dianggap sebagai gula tambahan. Meskipun murni dan dibuat secara alami dan tak ada gula yang ditambahkan selama proses produksinya tapi mengonsumsi madu tetap saja sama dengan menambahkan gula dalam makanan Anda.

Melansir berbagai sumber, madu mentah terdiri dari sekitar 40 persen fruktosa dan 30 persen glukosa. Rasio pasti fruktosa terhadap glukosa bervariasi pada setiap jenis madu.

Perlu diingat, meskipun rasanya sangat manis, madu juga terdiri dari zat lain. Mulai dari air, serbuk sari, mineral, vitamin, asam amino, dan berbagai komponen lainnya.

Karena gula yang terdapat dalam madu itu alami, maka indeks glikemik pada madu juga rendah yang berarti peningkatan kadar gula dalam darah juga lambat dan lebih sehat.

Namun, ini hanya berlaku untuk madu alami bukan yang telah diproses dan bisa saja diberi tambahan gula. Kebanyakan, madu yang dijual dalam kemasan telah diberi tambahan gula sekitar 17 gram per sendok makan.

Makanya, Anda tetap harus berhati-hati karena antara madu alami dengan madu yang sudah dikemas kandungan gula dalam madu tetap berbeda.

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini