Beranda Gaya Hidup 7 Cara agar Bisa Fokus Saat Bekerja, Pilih Musik yang Tepat

7 Cara agar Bisa Fokus Saat Bekerja, Pilih Musik yang Tepat

1322

KUBUS.ID — Baru awal pekan tapi sudah susah fokus? Ada beberapa cara agar bisa fokus saat bekerja.

Salah satu kemampuan yang sangat penting saat ini adalah fokus. Namun ada saja hal-hal yang menurunkan fokus selama bekerja antara lain, rasa lapar, lelah karena kurang tidur, stres, cemas dan terdistraksi lingkungan.

Akibatnya, Anda susah menyelesaikan tugas dan membuat waktu kerja kurang efisien.

Cara-cara berikut bisa membantu menjaga fokus Anda selama bekerja mulai dari menghilangkan distraksi sampai tidur cukup malam sebelumnya.

1. Eliminasi distraksi

Hal yang pertama dan penting dilakukan adalah menghilangkan distraksi atau gangguan. Anda tidak harus menghilangkan semuanya tapi setidaknya ada upaya mengurangi sebanyak mungkin distraksi.

Apa yang bisa dilakukan? Coba bekerja di area yang tenang, mematikan notifikasi ponsel, menutup program atau aplikasi yang tidak terpakai di komputer, dan merapikan ruang dan meja kerja.

2. Minum kopi

Konsumsi kopi atau minuman berkafein dalam dosis kecil bisa menimbulkan efek positif pada kemampuan Anda untuk fokus.

Melansir dari Healthline, studi pada 2021 menemukan kafein mampu memberikan efek positif dalam mempertahankan atensi atau fokus. Kunci untuk mendapatkan manfaat ini adalah konsumsi dalam jumlah moderat.

Terlalu banyak kafein malah membuat Anda cemas dan menurunkan kemampuan fokus.

3. Metode pomodoro

Metode pomodoro adalah metode blok waktu untuk mengelompokkan tugas ke dalam interval 25 menit.

Melansir dari Insider, Anda diminta untuk mengerjakan tugas selama 25 menit, lalu istirahat 5 menit setelahnya. Pomodoro juga menyediakan waktu istirahat panjang setelah empat sesi bekerja.

Metode ini memberikan waktu istirahat antara sesi kerja sehingga fokus bisa bertahan lebih lama.

4. Musik yang tepat

Salah satu cara agar bisa fokus saat bekerja adalah memutar musik yang tepat.

Beberapa ahli berpendapat bekerja tanpa musik dianggap paling baik karena minim distraksi. Namun ada yang berpendapat sebaliknya. Riset menemukan mendekatkan musik tanpa lirik memberikan performa kerja lebih baik dibanding keheningan atau white noise.

Anda perlu menyesuaikan jenis musik dengan jenis pekerjaan agar membantu produktivitas.

5. Buat ‘to do list’

Daftar tugas alias to do list membantu Anda memprioritaskan tugas yang harus diselesaikan lebih dulu sekaligus mencatat yang belum diselesaikan.

Studi menemukan rencana yang ditulis dengan jelas bisa meningkatkan produktivitas.

6. Makan tepat waktu

Rasa lapar ampuh bikin fokus buyar. Agar tetap fokus, sebaiknya Anda makan tepat waktu.

Asupan dianjurkan seimbang terdiri dari protein tanpa lemak, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat agar tetap bertenaga. Kemudian untuk camilan, Anda bisa menyediakan buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, atau biji-bijian.

Harvard Medical School menyarankan beberapa jenis makanan terbaik untuk otak yakni, sayuran hijau (brokoli, kangkung, bayam), ikan berlemak, beri (stroberi, blueberry, blackberry), walnuts, teh atau kopi.

7. Cukup tidur

Salah satu faktor utama fokus yang buruk adalah kurang tidur. Bersiap untuk hari yang sibuk, lebih baik cukupi kebutuhan tidur selama 7-8 jam.

Sumber: cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini