Beranda Gaya Hidup Bukan Hanya Kopi, 5 Makanan-Minuman Ini Juga Bikin Susah Tidur

Bukan Hanya Kopi, 5 Makanan-Minuman Ini Juga Bikin Susah Tidur

1012

KUBUS.ID — Minuman berkafein seperti kopi populer disebut sebagai minuman ‘terlarang’ dikonsumsi sebelum tidur. Padahal, ada banyak makanan dan minuman lain yang tidak boleh dikonsumsi sebelum tidur.

Pelarangan mengonsumsi makanan dan minuman yang dimaksud tak hadir tanpa alasan. Daftar makanan dan minuman ini bisa bikin tidur tidak nyenyak, perut tidak nyaman, hingga berat badan naik.

Tidur nyenyak di malam hari sangat penting dilakukan. Sebab kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan stamina.

Oleh karena itu, sangat penting menghindari makanan dan minuman yang bisa mengganggu kualitas tidur di malam hari. Apa saja makanannya?

1. Minuman bersoda

Minuman bersoda bukan pilihan yang bagus untuk dinikmati di malam hari, terutama di jam-jam sebelum tidur.

Melansir Real Simple, minuman ini bisa menyebabkan perut kembung dan rasa tidak nyaman karena kandungan gas di dalamnya. Kondisi ini bisa mengganggu tidur malam Anda.

2. Keju

Apa pun jenisnya, sebaiknya Anda tidak makan keju di malam hari, terutama sebelum tidur.

Keju bisa mengganggu kualitas tidur. Pasalnya, keju bisa menyebabkan peningkatan asam lambung.

Selain itu, untuk beberapa orang keju juga bisa menyebabkan otak terstimulasi. Hal ini membuat Anda kesulitan tidur dan efeknya mirip kafein.

3. Makanan pedas

Konsumsi makanan pedas di malam hari, terutama sebelum tidur, bukan pilihan yang baik. Makanan pedas bisa menyebabkan asam lambung meningkat hingga rasa terbakar di lambung dan perut. Semua ini bisa membuat Anda sulit tidur karena rasa tidak nyaman sepanjang malam.

4. Makanan berlemak

Konsumsi makanan berlemak sebelum tidur, seperti daging penuh lemak, bakso, hingga ayam goreng bisa menyebabkan tidur tidak nyenyak.

Mengutip Healthline, konsumsi makanan berlemak di malam hari bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam karena berbagai masalah pencernaan, mulai dari asam lambung hingga sakit perut.

5. Minuman alkohol

Banyak orang minum alkohol di malam hari dengan tujuan agar tidur lebih nyenyak. Padahal, ini adalah pemikiran yang salah.

Meski alkohol membuat Anda mengantuk, tapi kualitas tidur tetap terganggu.

Pasalnya, kandungan di dalam alkohol dalam darah bisa membuat Anda terjaga secara tidak sadar.

Alkohol juga bisa membuat Anda ketergantungan. Makanya, sangat dilarang diminum terutama sebelum tidur.

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini