Beranda Gaya Hidup 3 Manfaat Minum Jus Seledri bagi Kesehatan

3 Manfaat Minum Jus Seledri bagi Kesehatan

961

KUBUS.ID — Selain menambahkannya ke dalam makanan, seledri juga dapat dijadikan sebagai minuman jus yang bermanfaat bagi kesehatan. Faktanya, jus seledri kaya akan nutrisi yang tidak hanya menyediakan semua jenis vitamin dan mineral, tetapi juga mampu membantu menangkal penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat untuk jangka panjang.

Nah, dilansir dari laman Eat This Not That, ahli diet Mackenzie Burgess, RDN, pun membagikan sejumlah manfaat minum jus seledri bagi kesehatan tubuh sebagai berikut.

1. Memberikan banyak manfaat nutrisi

Salah satu manfaat utama minum jus seledri secara teratur adalah peningkatan mikronutrien yang diberikannya kepada tubuh dalam satu cangkir.

“Manfaat besar jus seledri adalah bahwa jus ini mengandung nutrisi seperti kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin A, C, dan K,” kata Burgess.

“Nutrisi ini sangat penting untuk banyak fungsi penting dalam tubuh kita,” sambung dia.

Satu cangkir jus seledri juga merupakan sumber kalsium yang berharga (8 persen dari nilai harian), magnesium (7 persen dari nilai harian), dan kalium (14 persen dari nilai harian).

2. Mengurangi peradangan dan risiko penyakit

“Kalsium, kalium, dan magnesium semuanya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke,” terang Burgess.

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Chiropractic Medicine telah mengevaluasi manfaat minum jus seledri untuk pasien hipertensi. Hasilnya ditemukan bahwa dengan memasukkan jus seledri ke dalam rutinitas sehari-hari, serta perawatan chiropraktik secara teratur, tekanan darahnya menurun seiring berjalannya waktu.

Meskipun penelitian ini hanya mengamati satu pasien, banyak ahli yang menegaskan bahwa berbagai aspek nutrisi jus seledri dapat terus memberi manfaat positif bagi kesehatan jantung kita.

Sementara itu, penelitian lain dalam Phytotherapy Research menunjukkan, flavonoid dalam seledri dapat menekan peradangan kardiovaskular.

Efeknya adalah mengurangi stres oksidatif dalam aliran darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit. Hal ini bisa menyebabkan perluasan otot polos dalam pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan kesehatan mata dan kulit

Burgess mengungkapkan bahwa jus seledri dapat membantu mendukung kesehatan mata karena kandungan vitamin A.

Menurut Mayo Clinic, satu cangkir jus seledri mengandung 7 persen nilai harian vitamin A, yang merupakan nutrisi penting untuk penglihatan, pertumbuhan, pembelahan sel, reproduksi, dan kekebalan tubuh.

Kemudian, vitamin C dalam jus hijau ini juga dapat membantu sintesis kolagen, yang membentuk jaringan pendukung sendi dan bertanggung jawab atas elastisitas kulit untuk membuat kulit lebih kenyal dan halus. 

Sumber : kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini