Beranda Gaya Hidup Kantong Mata Hitam? Coba Solusi Alami Pakai 5 Makanan Ini

Kantong Mata Hitam? Coba Solusi Alami Pakai 5 Makanan Ini

9760

KUBUS.ID — Kantong mata berupa lingkaran hitam yang muncul di bawah mata seringkali mengganggu penampilan. Selain pakai produk kecantikan, lingkaran hitam sebenarnya bisa diatasi secara alami dengan 5 makanan ini.

Lingkaran hitam di bawah mata bisa menjadi masalah serius yang dapat memengaruhi kepercayaan diri.

Tidak heran mereka yang punya lingkaran hitam berusaha untuk menutupinya dengan menggunakan riasan wajah. Selain itu, ada juga yang berusaha dihilangkan dengan menggunakan produk kecantikan tertentu.

Memang produk-produk tersebut dapat menjadi solusi instan, tetapi sifatnya hanya sementara. Jika ingin menghilangkannya dalam jangka panjang, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami.

Menurut ahli kesehatan Ayurveda, Dr. Dimple Jangda, kamu bisa mencerahkan kantong mata dengan memanfaatkan makanan alami di rumah. Berikut daftar makanannya, seperti dilansir dari food.ndtv.com (05/08/2024).

1. Kentang

Kentang yang serbaguna ini ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan.

Menurut ahli, menaruh kentang pada kantong mata dapat mengurangi tampilan lingkaran hitam. Kentang dikenal kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang memasok kulit dengan dosis nutrisi yang sangat dibutuhkan.

Kamu bisa memanfaatkan kentang dengan cara memarut kentang lalu menyaring sarinya. Oleskan sari kentang di sekitar mata. Kentang pun dapat memberikan nutrisi dan mengurangi peradangan di sekitar mata.

Cara lain yaitu dengan mengupas kulit kentang, memarutnya, dan meletakkan kentang parut dalam sehelai handuk. Tempatkan handuk berisi kentang di area bawah mata, biarkan selama 10-15 menit.

2. Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya yang kaya aloesin ini juga dapat membantu mengurangi pigmentasi di sekitar mata.

Menurut ahli, aloe vera dapat menghidrasi dan membuat kulit di bawah mata lebih kenyal, sehingga mengurangi peradangan.

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengoleskan gel aloe vera dengan lembut di sekitar mata. Dr. Jangda juga menyarankan untuk mencampur jus aloe vera dengan bahan lain, seperti lemon, madu, atau air mawar untuk proses lebih efektif.

3. Mentimun

Mentimun yang kaya akan vitamin hingga antioksidan ini juga dapat membantu hilangkan lingkaran hitam bawah mata.

Caranya cukup dengan menempelkan irisan mentimun segar di bawah mata atau menjadikannya masker.

Cara ini tidak hanya menghilangkan area hitam bawah mata, tetapi juga bisa mengatasi mata bengkak hingga mencegah kerutan di sekitar mata.

4. Kantong teh hijau

Jika punya bekas kantong teh hijau di rumah, sebaiknya jangan dibuang. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah kantong mata.

Menurut para ahli, teh hijau mengandung banyak senyawa fenolik. Dinginkan kantong teh bekas semalaman dan tempelkan untuk mengurangi munculnya lingkaran hitam.

Kandungan kafein di dalam kantung teh hijau juga dapat membantu mempersempit pembuluh darah di sekitar mata dan menyempitkan aliran darah. Dengan demikian, dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

5. Minyak almond

Minyak almond juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kantong hitam di bawah mata.

Minyak ini kaya akan vitamin E, magnesium, fosfor, dan antioksidan. Menurut ahli, minyak almond merupakan emolien yang baik untuk membantu menjaga kulit halus di sekitar mata. Minyak ini juga membuat kulit di area mata tetap kenyal dan terhidrasi.

Ambil setetes minyak almond dan pijat dengan lembut untuk meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit. Kamu juga bisa mencampur minyak almond dengan madu untuk hasil yang lebih efektif.

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini