Beranda Gaya Hidup 5 Makanan Enak Ini Bisa Cerahkan Lingkaran Hitam ‘Mata Panda’

5 Makanan Enak Ini Bisa Cerahkan Lingkaran Hitam ‘Mata Panda’

1015

KUBUS.ID — Salah satu faktor penyebab relung kehitaman di bawah mata atau ‘mata panda’ adalah kelelahan. Namun, sekarang tak perlu khawatir karena bisa diatasi dengan 5 makanan enak ini.

Mata panda atau lingkaran hitam pada sekitar area mata. Tampilannya jadi mirip ‘mata panda’. Ini bisa disebabkan karena terlalu lama menonton serial drama atau film atau kecapekan.

Pemicu lain dari mata panda adalah karena aktivitas menggunakan laptop dan komputer dalam jangka waktu yang lama. Kurang tidur juga jadi salah satu faktor penyebab mata panda.

Dilansir dari Food NDTV (5/8) dan sumber lainnya, berikut 5 makanan yang dapat mengatasi lingkaran hitam di bawah mata atau ‘mata panda’:

1. Kentang

Kentang enak dikonsumsi digoreng maupun direbus. Selain itu, ternyata fungsinya juga bisa untuk kecantikan wajah, salah satunya mengurangi mata panda.

Menurut ahli, menggunakan kentang pada lingkaran hitam dapat mengurangi tampilan lingkaran hitam. Kentang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, yang memasok kulit dengan dosis nutrisi yang sangat dibutuhkan.

Kentang itu dijadikan masker dengan cara memarut kentang putih dan menyaring sarinya. Kemudian, sari kentang ini dioleskan ke sekitar mata. Sari ini bisa mengurangi peradangan di sekitar mata yang menimbulkan mata panda.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya ternyata juga baik untuk mengurangi mata panda. Hal ini dikarenakan lidah buaya kaya akan aloesin yang membantu mengurangi pigmentasi di sekitar mata.

Menurut ahli, lidah buaya membantu menghidrasi dan membuat kulit di bawah mata lebih kenyal, sehingga mengurangi peradangan. Tanpa memberikan terlalu banyak tekanan, kamu dapat memijat gel lidah buaya dengan lembut di sekitar mata.

Dr Jangda juga menyarankan untuk mencampur jus lidah buaya itu dengan bahan lain seperti jus lemon, madu, atau air mawar agar prosesnya lebih efektif. Kamu bisa mengolesinya secara rutin kalau ingin hasil lebih maksimal.

3. Kantong Teh Hijau

Kantong teh hijau yang digunakan untuk menyeduh sebaiknya jangan langsung dibuang begitu saja selesai memakainya. Karena, kamu bisa menggunakan kantong teh hijau itu untuk mengompres bagian kantong mata.

Sebaiknya menggunakan teh hijau, karena menurut para ahli jenis teh ini mengandung banyak senyawa fenolik. Kafein yang ada dalam kantong teh dapat membantu mempersempit pembuluh darah di sekitar mata dan menyempitkan aliran darah, sehingga membantu mengurangi lingkaran hitam.

4. Timun

Biasanya di salon saat melakukan perawatan wajah dengan masker, sering ditambahkan potongan timun di mata. Itu untuk merelaksasi mata yang kelelahan. Sekaligus mengurangi kantung pada mata kamu.

Kandungan air yang banyak pada timun dapat menghidrasi kulit. Selain itu timun juga memiliki kandungan vitamin K yang dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah. Selain digunakan bersama masker, kamu juga bisa mengonsumsinya sebanyak 1/4 buah per harinya.

5. Tomat

Berwarna merah cantik tomat jadi salah satu buah yang mengandung zat antioksidan tinggi. Warna merah pada tomat dikarenakan adanya kandungan likopen. Selain penghasil zat antioksidan pada tomat, likopen juga berfungsi untuk melindungi pembuluh darah halus.

Kandungan likopen tersebut juga dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah ke mata. Hasilnya mata panda akan berkurang dan mata kembali segar. Tak hanya likopen, tomat juga mengandung nutrisi sehat lainnya.

Seperti lutein, beta karoten, quercetin, dan vitamin C. Untuk menggunakannya kamu bisa jadikan teman saat maskeran. Atau bisa dikonsumsi sebagai camilan, kamu bisa mengonsumsi 1 tomat ukuran sedang atau 7 buah tomat cherry per hari.

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini