Beranda Kediri Raya Ada Kejanggalan PPDB Zonasi SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung

Ada Kejanggalan PPDB Zonasi SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung

1654

KUBUS.ID – SMAN 1 Kedungwaru kembali menarik perhatian, karena cakupan radius siswa yang diterima di jalur ini semakin menyempit. Rumah calon siswa paling jauh dari sekolah yang masuk jalur ini berjarak 477 meter. Jarak ini bahkan jauh lebih dekat dibanding PPDB tahun 2023 di angka 896 meter.

Kondisi ini menjadi perhatian salah satu tokoh pegiat pendidikan di Kabupaten Tulungagung, Hery Widodo, mencontohkan data nama siswa yang diterima di urutan 1 sampai 13 hanya berjarak 110 meter. Artinya secara hitungan, ada 13 calon siswa dalam radius 110 meter dari sekolah. Padahal sistem zonasi yang diterapkan tahun ini mengacu pada asal kecamatan dimana sekolah itu berada.

Hery yang juga seorang pengacara, mengaku telah menerima keluhan dari sejumlah orang tua siswa terkait keanehan sistem zonasi SMAN 1 Kedungwaru ini. Karena itu pihaknya akan melayangkan surat, agar data siswa yang diterima di sistem zonasi ini dibuka. Menurutnya, publik wajib tahu dan memastikan alamat setiap siswa tidak ada pelanggaran.

Hery menambahkan, syarat jalur zonasi tahun ini jauh lebih ketat dibanding tahun lalu. Hery berharap zonasi di SMAN 1 Kedungwaru berjalan sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Jika terbukti ada pelanggaran, Hery mengaku siap menggugat lewat PTUN untuk membatalkan PPDB.(tribun-slv/ikj)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini