Beranda Lokal Atas Sinergi Radio ANDIKA dan Stakeholder Terkait, Warga Wates Kediri Akhirnya Bisa...

Atas Sinergi Radio ANDIKA dan Stakeholder Terkait, Warga Wates Kediri Akhirnya Bisa Mendapatkan Jaminan Kesehatan

2

KUBUS.ID – Atas sinergi Radio ANDIKA dan stakeholder terkait, JONATAN, anak ALYA warga Tawang Wates Kediri akhirnya bisa mendapatkan jaminan kesehatan. Biaya perawatan bayi berusia 4 bulan di RSUM Surya Melati Kediri dicover sepenuhnya BPJS Kesehatan.

Hal ini berawal saat ALYA minta bantuan ke Radio ANDIKA karena anaknya masuk rumah sakit terkena diare dan infeksi paru. Dengan kondisi yang kritis dan harus segera dirawat di ICU, pihak keluarga ALYA terpaksa mengambil biaya mandiri tanpa BPJS. Padahal, kondisi ekonomi ALYA tidak cukup, jika harus menanggung biaya rumah sakit secara mandiri. Gatekeeper Radio ANDIKA berupaya membantu komunikasi dengan pihak BPJS, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas P2KBP3A Kabupaten Kediri.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr. AHMAD KHOTIB, pihaknya dapat info dari Dinas P2KBP3A Kabupaten Kediri yang mendengarkan Radio ANDIKA tentang keluhan ALYA berkaitan dengan biaya perawatan anaknya di RS. Kata dr. KHOTIB, Pemkab Kediri punya program Universal Health Coverage (UHC) dengan harapan semua masyarakat Kabupaten Kediri mempunyai jaminan kesehatan melalui BPJS. Untuk itu, pihaknya juga koordinasi dengan dengan RS dan Dinsos. Hasilnya ALYA masuk kategori berhak mendapat bantuan iuran jaminan kesehatan melalui BPJS Penerima Biaya Iuran (PBI). Setelah koordinasi dengan BPJS Kesehatan, biaya perawatan JONATAN ditanggung BPJS Kesehatan. Bahkan pihak RSUM Surya Kediri juga konfirmasi hal yang sama.(rif/stm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini