Beranda Gaya Hidup Cara Mudah Mengetahui Undertone untuk Menyesuaikan Riasan dan Pakaian

Cara Mudah Mengetahui Undertone untuk Menyesuaikan Riasan dan Pakaian

1060

KUBUS.ID — Untuk tampil lebih baik, banyak orang menyesuaikan warna riasan atau busananya sesuai dengan rona kulit yang mereka miliki.

Pakaian dan riasan yang selaras dengan kulit tentu akan membuat tampilan makin mempesona. Tapi tidak semua orang tahu apa rona kulitnya, dan apa undertone atau warna dasar di balik kulitnya.

Penata rias selebriti Sloane Casper, yang bekerja dengan Ring My Belle, mencatat bahwa kulit setiap orang memiliki sedikit warna biru, hijau, kuning, dan merah:

“Undertone memberi tahu kita seberapa dominan warna yang ada.”

“Warna dasar hangat, sejuk, dan netral adalah tiga jenis warna utama,” tambah Sara Millecam, ahli kecantikan medis dan pendiri Lash Lift Store.

“Ada sedikit warna biru, merah muda, atau merah pada undertone dingin.

Undertone hangat memiliki warna kuning, persik, atau emas. Sedangkan undertone netral merupakan perpaduan rona hangat dan sejuk.”

“Untuk pakaian, orang-orang dengan warna kulit hangat akan terlihat cocok dalam warna-warna alami seperti merah, oranye, dan kuning (antara lain), sedangkan biru, ungu, merah jambu, dan hijau sejuk sangat cocok dipadukan dengan warna kulit sejuk.

Warna kulit netral dapat memakai salah satu spektum warna tersebut,” jelas Millecam.

“Untuk riasan, alas bedak dan lipstik dengan alas berwarna biru atau merah muda biasanya cocok digunakan oleh orang yang memiliki rona kulit dingin. Produk dengan rona dasar kuning atau emas cocok untuk individu dengan rona hangat. Sementara itu, kulit dengan rona netral bisa memakai riasan warna sejuk dan hangat,” ujarnya.

Cara mengetahui undertone

Tidak yakin bagaimana cara mengidentifikasi undertone kulit sendiri? Berikut enam tes sederhana yang dapat dicoba untuk mendapatkan jawabannya.

1. Tes pembuluh darah

Pembuluh darah akan tampak merah karena darah yang dipompa melaluinya. Namun, warnanya berbeda jika kita melihatnya dengan mata telanjang karena warnanya diubah oleh warna kulit kita, yang berlapis di atasnya.

Itu sebabnya cara pertama untuk mengetahui warna undertone adalah dengan melihat pembuluh darah di pergelangan tangan.

“Jika warnanya terlihat biru atau ungu, maka kamu memiliki rona kulit yang sejuk, sedangkan jika warnanya hijau, maka menunjukkan rona kulit yang hangat,” kata Millecam.

Jika sulit untuk mengidentifikasi apakah pembuluh darah lebih hijau atau biru, kamu mungkin memiliki rona kulit netral.

2. Tes perhiasan

Selanjutnya, menentukan perhiasan mana yang paling cocok untuk kulit juga bisa menjadi petunjuk mengenai rona kulit kita.

“Lihat apakah kamu terlihat lebih cocok dengan perhiasan perak atau emas,” saran Millecam.

“Perak biasanya terlihat bagus pada orang dengan rona kulit lebih sejuk, sedangkan emas paling cocok untuk mereka yang berkulit lebih hangat.”

“Jika kamu bisa memadukan keduanya, kamu memilki undertone netral,” tambah Casper.

3. Tes kertas putih

Jika kamu memiliki selembar kertas putih di rumah, kamu dapat mencoba tes sederhana lainnya untuk mengetahui warna undertone kulitmu.

“Pegang selembar kertas putih polos di samping wajah dalam kondisi pencahayaan alami,” kata Millecam. Jika kulit terlihat berwarna kemerahan, maka warna undertonenya adalah sejuk; sebaliknya, jika kulit tampak kekuningan, bukan merah jambu atau kuning, berarti memiliki warna dasar hangat. Jika tidak terlihat jelas kuning atau merah jambu, maka kamu mungkin memiliki warna undertone netral.”

4. Tes baju putih

Casper mengatakan bahwa pilihan baju mungkin juga memberikan gambaran tentang warna undertone kulit kita.

“Jika kamu cocok dengan pakaian putih bersih, mungkin rona kulitmu sejuk. Jika kamu merasa lebih baik dengan warna gading, kemungkinan besar rona kulitmu hangat. Dan jika terlihat memukau dengan keduanya, kamu netral,” kata penata rias Elaina Badro pada Best Life.

5. Tes perbandingan

Cara lain untuk mengetahui rona kulit adalah dengan membandingkan warna kulitmu dengan warna kulit orang lain.

“Warnanya cenderung lebih banyak muncul jika kita membandingkan orang secara berdampingan. Kamu akan melihat ‘hijau’ secara visual ketika membandingkan individu dengan warna dasar zaitun dengan seseorang yang lebih ‘merah muda’,” jelas Badro.

6. Tes berjemur

Terakhir, reaksi kulit terhadap sinar matahari juga dapat membantu menentukan apakah kulitmu memiliki rona kulit hangat, sejuk, atau netral.

Para ahli mengatakan kita harus memperhatikan bagaimana warna kulit berubah jika mendapatkan lebih banyak paparan sinar matahari tanpa perlindungan.

Badro mengatakan orang dengan rona kulit hangat cenderung aka berubah menjadi warna cokelat perunggu saat berjemur, sedangkan orang dengan rona kulit dingin dan merah muda cenderung menjadi lebih merah.

Sumber : kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini