Beranda Kediri Raya Cek Penyembelihan Hewan Kurban, Pj Wali Kota Kediri : Masyarakat Memilih Menyembelih...

Cek Penyembelihan Hewan Kurban, Pj Wali Kota Kediri : Masyarakat Memilih Menyembelih di RPH

1955

KUBUS.ID – Bertepatan dengan hari raya Idul Adha hari ini, Pj Wali Kota Kediri Zanariah melakukan pengecekan ke rumah pemotongan hewan (RPH) di Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Zanariah melihat langsung proses penyembelihan hingga pengecekan kesehatan jeroan hewan kurban.

Pj Wali Kota Kediri Zanariah saat ditemui Jurnalis Radio ANDIKA Anto Christian mengatakan, banyak masyarakat yang mempercayakan penyembelihan hewan kurbannya di RPH Kota Kediri. Sebab, RPH Kota Kediri telah dilengkapi juru sembelih halal bersertifikasi, RPH juga sudah bersertifikasi, dan dilengkapi dokter hewan yang melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban sebelum dilakukan penyembelihan.

“Kita sangat bersyukur bahwa masyarakat telah mempercayakan pada RPH untuk penyembelihan hewan qurbannya. Apalagi, RPH kota kediri sudah menampung dua puluh ekor sapi lebih saat hari raya qurban ini,” kata Zanariah.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri, Moh Ridwan mengatakan, dari hasil pengecekan penyembelihan hewan qurban di RPH, tidak ditemukan hewan kurban yang mengalami sakit menular. Selain itu, tidak ditemukan cacing hati pada hewan kurban.

“Alhamdulillah dari hasil pengecekan kita, dokter yang melakukan pemeriksaan tidak ada penyakit menular seperti PMK atau LSD,” jelasnya.

Berdasarkan data DKPP Kota Kediri, jumlah hewan kurban di RPH Kota Kediri mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu untuk jenis sapi. Tahun ini, sapi berjumlah 31 ekor dan kambing 21 ekor. Tahun lalu, untuk sapi 46 ekor dan kambing 4 ekor. Penurunan penyembelihan hewan kurban jenis sapi diduga karena tidak ada penyakit PMK dan LSD sehingga masyarakat menyembelih di masjid atau mushola.(atc/hil)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini