Beranda Kediri Raya Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri Bakal Revitalisasi Pasar Kandangan

Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri Bakal Revitalisasi Pasar Kandangan

2891

KUBUS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Perdagangan akan melakukan penataan kembali Pasar Kandangan dalam beberapa waktu mendatang. Hal tersebut sebagai langkah tindak lanjut kunjungan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana pada Rabu (10/7/2024) kemarin. Dimana pedagang baru yang berjualan di Pasar Kandangan terus bertambah. Hal itu mengakibatkan suasana pasar semrawut dan kurang tertata dengan baik hingga membludak keluar area lokasi pasar.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih mengatakan data pedagang sementara tercatat sebanyak 450 orang. Jumlah tersebut masih terus bertambah karena masih berlanjut.

“Terkait penataan Pasar Kandangan tentunya berprosesnya perlu waktu. Kemarin itu sudah mengawali sosialisasi dan komunikasi dengan pedagang. Selanjutnya kami akan tindaklanjuti lagi pendataan pedagangnya yang betul-betul penjual,” terang Tutik, Kamis (11/7/2024).

Tutik menyebut, Pasar Kandangan di lantai dua ada sekitar 51 los dengan 299 lapak Namun hanya dipakai sekitar 13 lapak. Artinya, ratusan lapak yang ada di lantai dua itu banyak yang tidak termanfaatkan oleh para pedagang atau kosong. Penataan Pasar Kandangan tersebut rencananya akan diadopsi dari Pasar Wates yang notabene sudah rampung revitalisasi menjadi pasar tradisional standar nasional.

“Pedagang yang ada di atas semuanya turun dan menjadikan semrawut. Itu belum pedagang-pedagang baru yang ada di luar, secara luasan Pasar Kandangan juga lebih sempit daripada Pasar Wates,” jelasnya.(sya/stm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini