Beranda Kediri Raya Harga Bawang Putih di Pasar Tradisional Kediri Mulai Naik Jelang Idul Adha

Harga Bawang Putih di Pasar Tradisional Kediri Mulai Naik Jelang Idul Adha

2430

KUBUS.ID – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, salah satu komoditas bahan pokok yakni bawang putih mulai mengalami kenaikan harga. Kondisi barang ini diperkirakan akan mulai normal satu minggu setelah lebaran.

Samsul Hadi, salah satu pedagang di Pasar Tradisional Pamenang Pare mengatakan saat ini memang ada sedikit lonjakan harga pada komoditas bawang putih yakni Rp 29 ribu per kilogram, naik sekitar Rp 1.000 rupiah dari harga sebelumnya. Sementara untuk bawang merah berkisar Rp 28 ribu per kilogram. Hal ini disebabkan karena kebutuhan bumbu untuk masak daging pada Hari Raya Idul Adha nanti.

“Selain bawang ada juga kemiri, bawang merah. Mulai hari ini sudah mulai banyak yang beli untuk stok saat Idul Adha besok,” katanya, Minggu (9/6/2024).

Meski bawang putih mengalami kenaikan harga, Samsul menuturkan jika komoditas bahan pokok lain masih cenderung stabil. Seperti beras Rp 11.500 per kilogram, minyak goreng Rp 16.500 per liter, gula Rp 15.500 per kilogram. Selain itu daya beli masyarakat diakui Samsul masih menurun untuk bahan pokok lain. Penyebabnya karena berbarengan dengan kebutuhan anak masuk sekolah. Meski begitu, untuk stok yang ada di tokonya tergolong aman dan bisa memenuhi permintaan para konsumen.

“Alhamdulillah permintaan tercukupi dan masih aman. Semoga tidak terlalu melonjak harganya nanti,” ungkapnya.(sya/adr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini