KUBUS.ID — Merasa bahagia di tempat kerja jadi hal yang penting. Saat bahagia, kinerja juga bisa meningkat. Bagaimana cara agar bahagia di tempat kerja?
Rasa bahagia di kantor bakal memengaruhi banyak hal mulai dari kesehatan mental, produktivitas, hingga reputasi Anda di tempat kerja jauh lebih bagus.
Anda tentu tak ingin selalu terlihat kusut dan kurang berenergi karena tidak merasa bahagia saat bekerja. Pasalnya, hal itu juga bisa membuat Anda tidak benar-benar nyaman untuk menyelesaikan semua pekerjaan.
Hal yang harus Anda sadari, bagi mereka yang bekerja penuh waktu, kantor menjadi ‘rumah’ kedua tempat Anda menghabiskan waktu sepanjang hari.
Penting sekali mengembangkan pola pikir positif dan selalu merasa bahagia agar bekerja di kantor terasa lebih nyaman.
Orang yang merasa bahagia saat berada di tempat kerja sering kali lebih fokus, santai, dan produktif. Mereka juga cenderung mengerjakan tugas dengan lebih efektif dan selalu tampak nyaman di kantor.
Namun, bahagia di kantor memang bukan hal yang mudah dialami orang. Anda mungkin ingin bahagia tapi tekanan kerja membuat Anda suntuk dan jauh dari kata bahagia.
Tapi jangan khawatir, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut agar bisa lebih bahagia di kantor. Berikut tipsnya:
1. Ketahui makna dari pekerjaan Anda
Apapun jenis pekerjaan, jabatan, hingga tanggung jawab yang Anda lakukan seringkali memiliki dampak penting bagi orang lain dan lingkungan sekitar.
Menukil Indeed, Anda harus melihat dampak apa yang benar-benar penting bagi sekitar.
Ketika melihat hal ini dan Anda merasakan dampak tersebut, Anda akan tahu bahwa pekerjaan ini bermakna. Hal ini tentunya bisa membuat Anda lebih bahagia ketika tahu apa yang dilakukan penting untuk orang lain.
2. Beristirahatlah sebentar di tengah kesibukan
Sangat penting mengambil jeda dan beristirahat saat sibuk mengerjakan tugas-tugas Anda. Anda bisa mengambil jeda selama 10 menit di tengah waktu bekerja. Hal ini bisa membuat Anda terhindar dari stres akibat terlalu lelah bekerja.
3. Tetap terhidrasi
Perbanyak minum dan selalu memenuhi kebutuhan cairan bisa membuat pikiran lebih jernih dan fokus. Hal ini juga bisa membuat kebahagiaan lebih meningkat.
Selalu sediakan air di meja Anda, agar tidak lupa untuk minum air putih setiap waktu.
4. Hias meja atau ruang kerja
Meja atau ruang kerja mencerminkan kepribadian Anda. Ketika meja terlihat rapi dan bersih Anda tentu merasa lebih bahagia.
Anda bisa membawa gambar, tanaman, atau benda lain dari rumah. Barang-barang pribadi yang digunakan sebagai pajangan ini bisa membantu lebih rileks dan merasa nyaman.
5. Tanyakan umpan balik dari hasil kerja
Menerima umpan balik atau feedback tentang tugas yang Anda kerjakan bisa memberi penguatan yang positif. Anda merasa lebih dihargai karena tugas Anda diperhatikan dan merasa harus memberi yang terbaik.
Menukil The Balance, umpan balik berupa komentar yang membangun terkait pekerjaan Anda ini juga bisa menjadi pelajaran dan perbaikan untuk tugas-tugas ke depannya.
6. Hindari hal-hal negatif
Ikut dalam lingkungan kerja yang toxic atau beracun bisa membuat Anda tidak bahagia. Hindari percakapan negatif, gosip, dan hubungan dengan rekan kerja yang tidak sehat.
Anda bisa memilih, masuk ke teman kerja toxic, atau menghindarinya demi kebaikan ke depan.
7. Tidak ada salahnya pergi
Anda tidak harus mencintai pekerjaan atau tempat kerja. Jika tempat kerja tidak memberi ruang agar karyawannya bahagia, Anda bisa pergi meninggalkannya.
Bahkan jika Anda harus tetap pada posisi saat ini untuk beberapa waktu lagi, secara aktif mencari pekerjaan baru yang lebih sesuai dengan minat dan nilai-nilai pribadi, tak ada salahnya mencari kantor baru.
Sumber : cnnindonesia.com