Beranda Kediri Raya Jelang Pilkada 2024, Dukcapil Kabupaten Kediri Bakal Rekam Data Pemilih Pemula di...

Jelang Pilkada 2024, Dukcapil Kabupaten Kediri Bakal Rekam Data Pemilih Pemula di Sekolah

1440

KUBUS.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kediri akan melakukan layanan jemput bola dengan mendatangi sekolah untuk perekaman data kartu tanda penduduk (KTP) elektronik pada pemilih pemula. Hal ini dilakukan untuk persiapan menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang digelar 27 November 2024.

“Insyaallah akhir Agustus atau awal September ini kami akan ke sekolah menengah atas untuk melakukan perekam wajib KTP pemula,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Kediri, Wirawan melalui Kabid Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data, Ongky Asep Satuhu, Selasa (2/7/2024) sore.

Ongky menjelaskan target perekaman wajib KTP pemula atau jenjang pelajar SMA tahun ini sebanyak 8.737 jiwa. Jumlah itu belum termasuk penduduk wajib KTP di luar SMA. Dia merinci untuk target keseluruhan perekaman adalah 36.038 jiwa. Saat ini sudah melakukan perekaman sebanyak 14.882 jiwa. Bagi pelajar yang masuk daftar pemilih pemula diminta memanfaatkan layanan jemput bola perekaman KTP elektronik yang dilakukan di masing-masing sekolah.

“Yang belum melakukan perekaman ada 21.156 jiwa,” terangnya.

Sementara itu, selain jemput bola di lingkungan sekolah, Disdukcapil telah melakukan koordinasi melalui surat kepada camat di wilayah Kabupaten Kediri yang diteruskan ke masing-masing desa agar warga yang belum pernah perekaman dan masuk data perekaman wajib KTP dengan ketentuan yang sudah menikah maupun berusia 17 tahun sampai 27 November 2024 bisa melakukan perekaman di loket pelayanan Disdukcapil yang ada di setiap kantor kecamatan.

“Jadi bisa langsung perekaman di masing-masing Kantor Kecamatan,” ungkapnya.(isy/slv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini