Beranda Kediri Raya Idul Adha, DKPP Kabupaten Kediri Siapkan Petugas Cek Kesehatan Daging Kurban

Idul Adha, DKPP Kabupaten Kediri Siapkan Petugas Cek Kesehatan Daging Kurban

1043

KUBUS.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri, menyiapkan tim pemeriksa hewan kurban, guna melakukan pemeriksaan hewan dan daging saat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Plt Kepala DKPP Kabupaten Kediri, Tutik Purwaningsih mengatakan pemeriksaan dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan Penyakit Hewan Menular (PHM) di Kabupaten Kediri.

“Kami sudah menyiapkan tim pemeriksaan hewan kurban menjelang Idul Adha 1445 Hijriah yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Ada 6 tim dari dinas dan petugas di 26 kecamatan dan dokter hewan,” kata Tutik saat dikonfirmasi, Minggu (16/6/2024).

Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembelih dan terhadap daging kurban untuk memastikan daging yang dibagikan kepada masyarakat aman dikonsumsi.

Menurut Tutik, kegiatan pemeriksaan mulai dilakukan sebelum penyembelihan. Pemeriksaan juga dilakukan pula di Rumah Potong Hewan (RPH) Pare dan Wates. Sementara itu, untuk pemeriksaan di tiap kecamatan DKPP bekerjasama dengan dokter hewan yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jatim X.

“Nanti jika ada temuan langsung akan ditindak, seperti organ hati hewan yang terinfeksi penyakit langsung sudah dibuang,” tutupnya.(sya/adr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini