Beranda Kediri Raya Kecelakaan Bus Pariwisata, Pakar Bidang Transportasi: Penanggung Jawab Utama Pada Manajeman PO...

Kecelakaan Bus Pariwisata, Pakar Bidang Transportasi: Penanggung Jawab Utama Pada Manajeman PO Bus

1660

KUBUS.ID – Menanggapi insiden lalu lintas yang melibatkan bus pariwisata, Pakar Bidang Transportasi sekaligus Dosen Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang Dr. Ir. AJI SURAJI, ST., MSc., mengatakan penanggung jawab utama ada di manajeman PO bus-nya.

Menurut AJI yang juga menjabat sebagai Ketua Pusat Kajian Transportasi, secara regulasi Kementerian Perhubungan sudah mengatur dan menerapkan  Sistem Manajemen Keselamatan (SMK) pada Perusahaan Angkutan Umum. Bahkan juga sudah ada Rencana Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNKJ). Cuma di lapangan, kadang-kadang dotemukan operator yang mencari celah. Untuk itu, dia mengingatkan agar konsumen harus tahu betul tentang PO bus tersebut terkait ijin dan lain-lain. Standar keselamatan harus terpenuhi. Jangan hanya mencari harga yang murah.

AJI juga berharap pada Kementerian Perhubungan, jika menemukan ada indikasi penyimpangan, harus segera dilakukan tindakan. selain itu, harus dilakukan ramp check kendaraan. Tidak hanya dilakukan jelang hari raya, namun bisa dilakukan per semester. Terutama saat musim liburan atau study tour.(stm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini