Beranda Kediri Raya Ratusan Warga Kabupaten Blitar Didiagnosis TBC, 46 Diantaranya Anak-Anak

Ratusan Warga Kabupaten Blitar Didiagnosis TBC, 46 Diantaranya Anak-Anak

2378

KUBUS.ID – Berdasarkan data dari Puskesmas, Rumah Sakit dan Klinik di Kabupaten Blitar, data penderita Tuberkulosis ( TBC) per 19 Juni 2024 sebanyak 561 orang. Empat puluh enam diantaranya usia anak-anak. Data ini bisa berubah setiap harinya sesuai laporan dari masing-masing layanan kesehatan.

Menurut Koordinator Program Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Blitar Eko Wahyudi, SKM., M.Kes., TBC bukan penyakit keturunan. Penularannya melalui droplet. Hampir sama dengan penularan Covid-19.

TBC diawali dengan gejala batuk sekitar 2 minggu. Selain itu, ada penurunan berat badan (BB), keluar keringat dingin, bahkan ada yang sampai muntah darah. Jika ada gejala tersebut, biasanya dilakukan pemeriksaan menggunakan alat Tes Cepat Molekuler (TCM). Jika hasilnya positif, maka didiagnosis sebagai penderita TBC.

Bagi penderita TBC, disarankan agar mengurangi kontak dengan anggota keluarga lainnya, menggunakan APD seperti masker. Disamping itu, ruangan atau tempat tinggal yang digunakan harus punya ventilasi yang baik.(stm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini