Beranda Event Sambut 1 Suro, Pencucian Batu Manik Digelar di Petilasan Sri Aji Jayabaya...

Sambut 1 Suro, Pencucian Batu Manik Digelar di Petilasan Sri Aji Jayabaya Menang Kediri

1844

KUBUS.ID – Peringatan 1 Suro digelar di Petilasan Sri Aji Jayabaya yang berlokasi di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri pada Minggu (7/7/2024) besok. Agenda hari ini adalah pencucian batu manik di area pamuksan Sri Aji Jayabaya.

Kepala Desa Menang, Linda Endrawati mengatakan acara adat warisan leluhur ini rutin digelar setiap tahun. Selain pencucian batu manik, pada malam 1 Suro nanti masyarakat juga menggelar acara slametan yang dilanjutkan dengan malam tirakatan. Mereka yang mengikuti tirakat tidak tidur semalaman untuk terus berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.

“Beberapa acara lain juga digelar saat jelang peringatan 1 Suro ini. Ada acara campursari dan keroncong, pagelaran wayang kulit, kenduri bersama,” katanya, Sabtu (6/7/2024).

Dalam perayaan malam 1 Suro, di area Jalan Desa Menang menuju Petilasan Sri Aji Jayabaya juga terdapat pasar rakyat. Selain memberikan hiburan, juga dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat. Linda mengungkapkan, acara besok akan ada acara kirab. Peserta terlebih dahulu melakukan upacara adat di Balai Desa Menang. Rute yang dilalui kirab ada beberapa tempat, seperti Loka Moksa, Loka Busana, Loka Mahkota, dan Sendang Tirta Kamandanu.

Saat awal tahun baru Hijriah ini, Petilasan Sri Aji Jayabaya juga ramai dikunjungi masyarakat untuk berziarah. Tujuan kirab dan ritual 1 Suro ini sebagai bentuk syukur pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan keselamatan selama setahun.

“Selain itu, tujuan kirab dan ritual di petilasan ini adalah wujud penghormatan kepada Sri Aji Jayabaya dan para leluhur, serta untuk menyambut datangnya bulan Suro atau Muharram,” tandasnya.(sya/slv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini