Beranda Kediri Raya Tak Larang Study Tour Sekolah, Diknas Jatim Imbau Prioritaskan Jatim Saja

Tak Larang Study Tour Sekolah, Diknas Jatim Imbau Prioritaskan Jatim Saja

254

KUBUS.ID – Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur ARIES AGUNG PAEWAI menegaskan pihaknya tidak melarang study tour, namun meminta sekolah-sekolah untuk mengutamakan kegiatannya di wilayah Jatim saja.

Menurutnya, study tour biasanya digunakan sekolah untuk mengenalkan perguruan tinggi dan jurusan yang akan diminati oleh siswa. ARIES berharap pihak sekolah memprioritaskan study tour ke kampus-kampus di Jawa Timur. Kecuali, jika memang tidak ada di Jatim, maka boleh melaksanakan study tour di luar daerah asalkan punya target sasaran dan manfaat yang jelas.

Diknas Jatim tidak melarang study tour tapi harus dibuat SOP yang jelas dan lengkap serta ada pengawasan dari guru dan sekolah serta ada laporan berjenjang sampai ke dinas pendidikan. Pembuatan SOP harus melalui rapat bersama orang tua siswa dan sekolah untuk menentukan lokasi study tour yang menghasilkan manfaat bagi siswa dan sekolah, membahas pendanaan, transportasi yang layak jalan dan pengemudi yang berkompeten. Selain itu mengatur akomodasi selama perjalanan dan melaporkan ke dinas pendidikan. Pihaknya juga meminta agar kegiatan study tour sifatnya bukan pemaksaan.(hil)

copy: antaranews.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini