Beranda Kediri Raya Tingkatkan Minat Baca di Kota Kediri, Pemkot Peringati Hari Buku dan Hak...

Tingkatkan Minat Baca di Kota Kediri, Pemkot Peringati Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia

7

KUBUS.ID – Tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia (World Book and Copyright Day). Hari ini merupakan perayaan untuk mempromosikan kenikmatan buku dan membaca yang dirayakan pada 23 April di seluruh dunia. Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia, atau yang lebih dikenal sebagai Hari Buku Sedunia (World Book Day) diselenggarakan oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) untuk mempromosikan kegiatan membaca, penerbitan, dan hak cipta.

Agenda hari buku sedunia di Kota Kediri digelar di Taman Sekartaji Kota Kediri, diinisiasi Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kota Kediri. Sebanyak 350 siswa TK dan SD se-Kecamatan Mojoroto mengikuti acara hari buku sedunia, seperti menggambar, membaca puisi dan membaca buku. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kediri EKO LUKMONO saat ditemui Jurnalis Radio ANDIKA ANTO CHRISTIAN mengatakan, dalam acara tersebut, anak-anak dilarang membawa HP dan diajak untuk fokus membaca buku. Setelah membaca buku, anak-anak diminta menceritakan kembali apa yang telah dibaca.

Menurut EKO, minat baca di Kota Kediri masuk urutan ke 37 dari 38 kota dan kabupaten se-Jawa Timur. Hal itu akan menjadi cambuk bagi Pemkot Kediri, melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, agar bisa meningkatkan peringkat minat baca masyarakat dengan masif menempatkan perpustakaan keliling di semua wilayah.(atc/hil)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini