Beranda Event Tradisi 1 Suro di Petilasan Sri Aji Jayabaya, 3000 Makanan Gratis Disediakan...

Tradisi 1 Suro di Petilasan Sri Aji Jayabaya, 3000 Makanan Gratis Disediakan Setiap Hari

1355

KUBUS.ID – Kirab peringatan 1 Suro di Petilasan Sri Aji Jayabaya Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri digelar besok Minggu (7/7/2024). Tradisi dan ritual ini sebagai bentuk syukur pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan keselamatan selama setahun.

Dalam kesempatan ini, panitia acara 1 Suro menyediakan sekitar 3000 porsi makanan gratis. Makanan ini disediakan untuk para pengunjung yang datang ke Petilasan Sri Aji Jayabaya.

“Kita buat posko untuk makanan gratis dari kemarin, satu hari sekitar 3000 porsi,” kata panitia acara, Dion Wodiyono, Sabtu (6/7/2024).

Dion menambahkan, porsi makanan dimungkinkan akan ditambah sekitar 5000 porsi. Sebab pengunjung yang datang diperkirakan akan membludak pada malam 1 Suro.

“Nanti malam banyak yang datang, jadi bisa 5000-7000 porsi,” tambahnya.

Di lokasi Petilasan Sri Aji Jayabaya, banyak pengunjung yang datang pada malam 1 Suro. Mereka datang di petilasan ini sebagai wujud penghormatan kepada Sri Aji Jayabaya dan para leluhur, serta untuk menyambut datangnya bulan Suro atau Muharram.

Selain itu, pada malam 1 Suro, masyarakat juga menggelar acara slametan yang dilanjutkan dengan malam tirakatan. Mereka yang mengikuti tirakat tidak tidur semalaman untuk terus berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.

“Ini juga sebagai bentuk rasa syukur yang telah memberikan keselamatan selama setahun,” tutupnya.(sya/slv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini