Beranda Gaya Hidup Beli Hadiah bagi Diri Sendiri, Bentuk Self-care untuk Atasi Baby Blues

Beli Hadiah bagi Diri Sendiri, Bentuk Self-care untuk Atasi Baby Blues

3881

KUBUS.ID – Salah satu cara untuk mengatasi baby blues pada ibu yang baru melahirkan adalah self-care. Self-care adalah perawatan diri, baik dari segi fisik maupun mental, untuk menyenangkan diri sendiri.

Psikolog Keluarga dan Anak Samanta Elsener mengatakan, self-care bukan hanya tidur, makan, dan mandi saja. “Tapi, apa sih yang bisa diberikan untuk diri sendiri?” ucap dia dalam acara Philips Avent di InterContinental Jakarta Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (1/6/2024).

Paling tidak, seorang ibu harus memberikan waktu satu jam pada diri sendiri untuk “me time”.

Ketika sang ayah menjaga anaknya, ibu bisa memanfaatkan waktu untuk relaksasi, entah dengan menonton drama Korea atau membaca novel.

Namun, satu hal yang luput dari pandangan terhadap self-care adalah membeli hadiah untuk diri sendiri. “Sudah beli hadiah buat diri sendiri? Jangan kasih hadiah ke anak terus, ibunya juga butuh hadiah,” kata Samanta.

Misalnya, beli alat yang memudahkan proses pengasuhan anak seperti alat sterilisasi botol susu. Mencuci botol bayi memang mudah. Kamu hanya perlu merebus air hingga mendidih, matikan kompor, lalu celupkan botol dan kocok-kocok di dalam panci. Namun, tidak semua ibu sempat melakukannya. Apabila membeli hadiah untuk diri sendiri dipandang sebelah mata oleh mertua, kamu bisa memfilternya.

“Misal beli sterilizer. Banyak trik untuk kita menjadi (memberi jawaban) fleksibel. Jangan semua omongan mertua dimasukin ke dalam hati,” imbau Samanta.

Sumber: kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini