Beranda Kediri Raya Tak Hanya Bau Busuk, Warga Sekitar TPA Sekoto Kediri Juga Keluhkan Lalat

Tak Hanya Bau Busuk, Warga Sekitar TPA Sekoto Kediri Juga Keluhkan Lalat

1446

KUBUS.ID – Warga di Desa Sekoto, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri mengeluhkan bau busuk yang berasal dari sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Sekoto. Tak hanya itu, mereka juga mengeluh soal lalat hijau yang beberapa kali datang.

Salah satu warga sekitar TPA Sekoto tepatnya di RT 01 RW 14 Dusun Pohrejo bernama Yanti saat ditemui jurnalis Radio ANDIKA, mengatakan, ia dan tetangganya sudah bertahun-tahun mengeluhkan bau busuk yang menyengat. Bau tersebut akan bertambah apabila setelah hujan reda.

Hal senada diungkapkan oleh Mahida Nurhana, Ketua RW setempat. Dia mengatakan bahwa dampak dari lalat di TPA Sekoto juga dirasakan karena muncul ke pertanian warga. Lalat yang membawa penyakit dan hinggap ke tanaman membuat petani kerap kali mengalami gagal panen.

Sebetulnya dia dan warga lain juga pernah mengeluh akan seringnya muncul bau busuk tersebut, namun hingga kini warga masih mencium bau busuk dari TPA Sekoto. Meski pemerintah setempat juga telah memberikan jaminan kesehatan untuk warga sekitar TPA Sekoto, Ana mengaku jaminan pendidikan dan pangan juga selayaknya harus diberikan. Selama ini yang didapat warga hanya beras 10 kilogram sekali dalam setahun.

Dia menyebut pemerintah seharusnya memprioritaskan jaminan tersebut untuk seluruh warga di sekitar TPA Sekoto. Mengingat dengan adanya TPA tersebut, telah menyelamatkan sampah di seluruh wilayah Kabupaten Kediri.

Warga berharap agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri segera memperhatikan keluhan mereka agar masalah tersebut tidak lagi dirasakan warga. (sya/adr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini