Beranda Kediri Raya Pelantikan DPR 2024: Delapan Partai, Harapan Baru Komunikasi Lebih Efisien

Pelantikan DPR 2024: Delapan Partai, Harapan Baru Komunikasi Lebih Efisien

52

KUBUS.ID – Pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 2024 – 2029 yang dilaksanakan hari ini, sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni Jumlah partai politik yang lolos ke parlemen 2024 – 2029 berkurang dari sembilan menjadi delapan, meskipun komposisi anggota masih cenderung sama belum sepenuhnya baru.

Pengamat Politik sekaligus Dosen Fisip Universitas Muhammadiyah Malang Prof. Dr. Asep Nurjaman M.Si., menyampaikan dengan berkurangnya jumlah partai politik yang lolos parleman salah satu harapan dari pelantikan ini adalah peningkatan pola komunikasi antar anggota DPR yang lebih sederhana, sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan tepat.

Adapun sorotan masyarakat terkait ketua DPR RI yang masih diduduki oleh Puan Maharani dari PDIP sebagai fraksi dengan perolehan kursi terbanyak di DPR, dianggap akan menciptakan hubungan baik pada pemerintahan berikutnya, lantaran bisa membawa komunikasi PDIP dengan pemerintah Prabowo – Gibran. Namun, dalam konteks kepemimpinan DPR Puan harus menjalankan perannya sebagai pemimpin DPR yang independen, untuk memastikan hubungan yang baik antara DPR dan eksekutif. (rif)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini